Sunday, March 10, 2013

Trans Manchurian - Trans Siberian Railway (7)

(7) Nikita's Guesthouse

Nikita's Guesthouse dulu pernah menjadi satu-satunya penginapan di Khuzir - Olkhon Island. Pemiliknya adalah Nikita Bencharov, pemenang medali emas olympiade cabang tenis meja. Dari banyak artikel di internet yang saya baca, sebagian besar penulisnya merekomendasikan penginapan ini. Jadi Thomas dan saya langsung sepakat untuk booking tapi di website seperti www.hostelworld.com dan www.hostelbooker.com sudah fully booked padahal kami cek 3 bulan sebelumnya.

Saya sudah mau mencari penginapan lain tapi Thomas usul untuk mengirim email ke Nikita's siapa tahu mereka masih ada tempat. Memang di internet disebutkan kalau fully booked mereka bisa mencarikan kamar di rumah tetangga mereka. Email Thomas mendapat balasan berita baik. Mereka sudah memastikan untuk mempersiapkan 1 kamar double bed untuk kami berdua. Saya meminta Thomas untuk kirim email lagi kalau bisa minta kamar dengan 2 single bed karena saya kalau tidur tidak bisa diam (bahasa Jawanya: sorah) kasian Thomas nanti tidak bisa tidur nyenyak.




Kami mendapat konfirmasi booking baru untuk 2 malam. 2 orang dengan 2 single bed. Harga penginapan dihitung per orang per malam 950 Ruble. Pertama rasanya harga 950 Ruble (31 USD) rasanya terlalu mahal tapi begitu tahu kalau harga itu sudah termasuk makan 3 kali sehari.... jadinya murah sekali :)

Kami check-in sudah lebih dari jam 9 malam tapi ternyata kantin guesthouse masih buka jadi kami masih bisa menikmati makan beneran yang pertama. Ini photo menu makan malam kami dan satu-satunya photo yang sempat saya ambil karena breakfast, lunch dan dinner berikutnya saya lupa motret hehehe...
menu makan malam pertama: roti, salad kentang, ikan omul bakar, daging ayam dan entah kacang apa yang dipotong-potong dan dimasak jadi kelihatannya seperti nasi goreng

Kompleks penginapan ini terdiri dari beberapa bangunan rumah untuk reception dan kantor, kantin, bistro dan kabin-kabin berisi kamar-kamar dengan toilet dan kamar mandi. Ada juga Banya atau sauna ala Rusia tapi saya tidak coba karena memang saya tidak suka sauna. Kabin kami merupakan bangunan 2 lantai dengan 2 toilet dan kamar mandi di lantai atas dan lantai bawah. Walaupun kami berbagi kamar mandi dengan tamu di 3 kamar lain tapi rasanya hanya kami yang mandi disitu. Tamu lain lebih memilih untuk 'mandi' di banya. Temperatur udara waktu itu sekitar 5-10 derajat celcius tapi banyak tamu yang keluar masuk kabin hanya dengan kolor atau bikini :)

Ini sebagian foto Nikita's guesthouse yang saya ambil :)
communal room di kabin kami

kantin

kabin kami

di Nikita's guesthouse ada pertunjukan musik traditional Russia kalau tidak salah hanya ada hari Rabu malam . Penyanyi dan pemain musiknya adalah penduduk lokal. Pertunjukannya gratis tapi di akhir pertunjukan penonton bisa menyumbang uang untuk grup ini.

Penyanyi dan pemain musik grup ini tidak hanya menampilkan lagu-lagu tradisional Russia tapi juga lagu-lagu terkenal dari negara lain.



Bistro yang selalu ramai di malam hari.

No comments:

Post a Comment