Sunday, July 15, 2012

nyante di berlin

posted on facebook feb 20, 2012

Ffiiiuuhhh... ini cerita harusnya ditulis tahun lalu hehehe...
Lanjut acara jalan-jalannya... setelah seharian di kereta akhirnya saya sampai juga di stasiun Hauptbahnhof tepat jam 17.14 dan langsung disambut Aldhiana :) Acara jalan-jalan di Berlin jadi nyanteeee banget karena saya tidak perlu mikir ini itu... semua pasrah ke Aldhiana termasuk urusan perut hehehe...

Dari stasiun kami naik subway/ U-bahn ke apartmentnya Aldhiana. Seperti biasa saya langsung blusukan ke sudut-sudut apartment... hehehe... hiperbolis sih ini :) Apartmentnya sebernernya model studio gitu dengan twin bed, dapur kecil dan KM. Tapi nyamannnn banget... pura-pura melihat dapur saya melirik masakannya Aldhiana :)



Bukan teman namanya kalau tidak nawarin makan :) dan bukan teman juga kalau menolak tawaran makan hehehe... jadi malam itu kami (saya tepatnya) menghabiskan opor ayam, sayur sawi dan... hhhmmm apa lagi ya? Maaf lupa saking enaknya masakan Aldhiana jadi mau motret saja tidak kepikiran hehehe...

Saya bilang kalau malam itu ingin ke Check Point Charlie terus tidak tau lagi mau kemana... manut pokoknya alias wegah mikir :) Setelah perut kenyang kami meluncur ke Gendarmenmarkt motret 2 bangunan gereja super keren. Tapi jangan nanya hasil fotonya ya hehehe... ancur! Selain karena tidak bawa tripod, saya tidak punya wide lense jadi ya yang kepotret cuma separo-separo saja :)

Dari Gendarmenmarkt kmi naik subway ke Check Point Charlie. Turunnya di stasiun Kochstrasse. Saya ingat nama stasiunnya soalnya sempat motret haha... yang lain yang tidak kepotret saya lupaaa... secara waktu itu pasrah bongkokan sama Aldhiana hehehe...

Check Point Charlie ini dulunya check point antara Jerman Timur dan Jerman Barat. di tengah jalan ada replika pos jaganya dan ada juga plang dengan tulisan 'You are leaving the American sector'. Kami sempat foto-foto juga di potongan tembok Berlin yang ada didekat toko souvenir. Jaga-jaga kalau besok tidak bisa ke tembok Berlin ya gpp... sudah sempat lihat potongannya hehehe...

Di toko-toko souvenir banyak dijual remukan tembok Berlin. Claim nya sih asli tapi entah juga bener asli atau tidak. Saya sih lebih suka beli souvenir coin yang belinya dari mesin. Tinggal masukin duit coin 1E terus puter-puter handlenya pilih yang gambar apa terus keluar deh coinnya :)

Dari Check Point Charlie kami balik ke apartment. Malem itu saya menimbang-nimbang apa mau ke Stettin - Poland atau tidak. Kalau bisa bangun pagi ya ada waktu buat dolan kesana. Tapi ternyataaaa... akibat tidur di kamar yang nyaman dengan kasur empuk dan selimut anget, paginya saya tidak bisa bangun. Melek sih tapi maunya merem lagi... yang tadinya mau bangun jam 6 malah keduluan Aldhiana berangkat kuliah hehehe... batal deh ke Stettin.

Siang itu saya jalan-jalan sendiri bermodal peta U-bahn dan karcis harian/ tageskarte seharga 6.30E. Belinya di vending machine di stasiun. Terus di validasi sekali aja pas perjalanan pertama. setelah itu tidak perlu di validasi lagi. Karcis ini juga bisa dipakai buat naik bis. Naik bus di Berlin nyaman banget deh. Di halte bus ada monitor jadwal nomor bus dan waktu kedatangannya. Ketika saya naik bus nomor 100 dari Berliner Dom ke Bundestag (gedung parlemen), bus nya sampai halte tepat seperti jadwal di monitor. Tidak seperti di Singapore yang jadwalnya tidak jelas.

Berlin benar-benar nyaman dijelajahi karena transport umumnya bagus. Terus buat yang sukarela jalan kaki dan cuci mata gratisan seperti saya jelas senang banget karena bangunan-bangunan kuno yang super keren ada dimana-mana. Salah satunya adalah Berliner Dom. sebuah gereja terbesar di Berlin yg beratap kubah warna hijau. Masuk ke sini waktu itu saya bayar 5E. Kalau sekarang katanya 7E. Harga tiket yang sangat-sangat murah menurut saya karena bisa menikmati interior gereja yang awzuuummm terus bisa naik ke menara dan melihat Berlin dari atas :)

Dari Berliner Dom saya jalan ke Alexanderplatz. Sebenernya ini stasiun kereta biasa saja tapi saya niat kesana cuma pengen lihat samakah dengan yang di film nya Jason Bourne hehehe... Dari sini saya ke Bundestag lalu jalan-jalan ke Brandenburg. Ndilalah pas bejo hehehe... sampai sini agak sore jadi dapat moment sinar matahari sore pas kena pilar-pilarnya Bradenburg :) Disini banyak toko-toko souvenir tapi lagi-lagi saya tidak beli apa-apa soalnya muahal!!

Karena kunci apartment saya yang bawa jadi saya harus sudah pulang sebelum Aldhiana jadi acara-acara jalan-jalan di pause dulu.

Malam itu Aldhiana tidak masak tapi mentraktir saya makan hehehe... thx a lot Din :) Setelah makan kami ke tembok Berlin. Sebenernya rencana ke sana itu siang tadi pas saya jalan-jalan sendiri. Tapi untungnya tidak sempat jadi saya kesananya ditemenin Aldhiana. Benar-benar untung deh... kalau tidak sama Aldhiana saya tidak bakal nemu lokasinya atau nemu tapi tidak sadar kalau itu adalah tembok paling terkenal dalam sejarah. You know why?? Saya  mbayangin tembok Berlin itu tinggi, tebal dengan lubang peluru atau mortir dimana-mana. Ternyata... hhhhhh... komentar saya 'Gak salah nih Din?' Yaelah ternyata seperti tembok samping hotel Bima kidul Sasana Bakti yang dilukis macam-macam itu lhoooo... nyesel?! Dikit sih hehehe... yang penting sudah sampe tembok Berlin lah...


Karena besoknya saya harus balik ke Belanda jadi setelah dari tembok Berlin kmi langsung pulang. Sudah malam sebenarnya tapi saya ada acara penting lagi yaitu ketemu pak Greg hehehe... pak Greg adalah dosen saya yang awet muda. Bukan asal memuji lhoo tapi benar deh pak Greg tidak berubah. Saya diajak makan makanan Lebanon (ato Turki??) di jalan yang namanya Turmstrasse (bener gak pak?) Dari tempat Aldhiana naik U-bahn transfer sekali lanjut bus. Itu adalah perjalanan mencari makan paling 'niat' yang pernah saya lakukan.

Porsi makanan yang dipilih pak Greg kalau saya bilang porsi super jumbo! Piringnya saja segede baki hehehe... hiperbolis! Tapi benar deh gede banget. Saking herannya melihat makanan kami jadi lupa foto hiks... Saya tidak bisa lama-lama ngobrol sama pak Greg karena belum beres-beres barang. Malem itu atau lebih tepatnya pagi itu saya tidur cuma 2 jam kali :( jam 3 pagi mesti ngadang bis yang ke Hauptbahnhof. Wah kalau tidak ada Aldhiana saya benar-benar kapiran dan terlunta-lunta karena U-bahn dan bus kalau dini hari itu intervalnya lama banget. Sedangkan tiket kereta saya yang ke Amsterdam bukan open tiket jadi tidak boleh telat.

Aldhiana sebenernya maksa mau nganter pagi itu tapi saya lebih maksa lagi buat pergi sendiri. Gila apa dia nganter terus balik lagi ke apartment di pagi buta??!! Eyel-eyelan soal antar mengantar dimenangkan oleh saya hehe... jadi Aldhiana cuma ngantar sampai halte bus. Saya naik bus gratis ke stasiun karena mesin pencetak tiket di bus pas rusak hehehe... Sampai di Hauptbahnhof sekitar 1jam lebih awal dari jadwal kereta ke Amsterdam jadi saya bisa jalan-jalan dulu di stasiun yang seperti mall ini.


Tepat jam 04.25 kereta beranjak meninggalkan Berlin menuju Amsterdam.
Thx a lot buat Aldhiana dan pak Greg :) liburan saya di Berlin jadi benar-benar menyenangkan :)

P.S lanjutan cerita jalan-jalan ini di note tentang Amsterdam. Tapi karena tidak layak untuk konsumsi umum jad akan sy set private. teman-teman yang mau baca silakan komentar disini nanti saya kasih access.

5 comments:

  1. Wahh, jalan jalan terus ki mbakyu..
    Enak yaaa..

    ReplyDelete
  2. bagi fotone ndrong,... maer maer dee.

    ReplyDelete
  3. lhoooohhh... kok kagak ada notification klo bapak2 pd komen sih?? pigimane ini email ane??

    ReplyDelete