Saturday, June 9, 2012

naik kereta api tut... tut... tut...

posted on facebook 29th september 2012

Ini pengalaman naik kereta api di Eropa yang paling menyenangkan bagi saya :) Bratislava - Berlin, 9 jam perjalanan duduk nyaman dengan suguhan pemandangan yang benar-benar keren :)

   

Saya benar-benar bisa menikmati perjalan ini karena malamnya saya bisa tidur nyenyak jadi seharian mata dan kamera on terus hehehe... yah walaupun pas mau berangkat ke stasiun saya mesti eyel-eyelan dulu sama tamu yang mau masuk hostel :( saya ceritain soal ini di note berikutnya ya... yang jelas gara-gara kejadian itu saya mesti lari-lari cari bis biar tidak telat sampai Bratislava hl. st. Pagi itu di stasiun banyak banget calon penumpang karena beberapa kereta terlambat datang terus sekalinya datang kok ya hampir barengan. Kayak kereta yang mau saya tumpangi datangnya hampir bareng sama kereta lain. Nahhh... saya ini agak-agak parno kalau ngeliat 'saingan' calon penumpang lain maksudnya... takut tidak kebagian tempat duduk hahaha... 


Selama di Singapore sih saya sudah terlatih untuk tidak terlalu nafsu rebutan tempat duduk di transport umum. Tapi gimana ya... kalau keluar Singapore nafsu kiasu saya kumat hahaha... secara dari kecil sering naik kereta ekonomi Semarang-Cepu :) slogannya siapa cepat dia dapat... bukan dapat kursi yang penting tapi dapat masuk dan ikut terangkut kereta hahaha... untungnya pagi itu 'saingan' saya tidak banyak. Bener-bener tidak banyak wong 1 gerbong paling terisi 10 penumpang. Kereta ini ternyata lewat Praha dan Brno juga jadi saya kayak napak tilas hahaha... 

Karena tidak ramai penumpang jadi suasana kereta tenang banget... tapi pas sampai Bad Sandau tau-tau ada mas-mas digiring polisi terus disuruh duduk di seberang saya (ke let an gang). Ini mas-mas naik kereta tanpa tiket. Petugas yang ngecek ibu-ibu orang Jerman yang keliatannya ramah banget tapi kalau soal tiket tidak pakai nego dia langsung panggil polisi.

   

2 orang polisi Jerman nanya-nanya ke si mas. Mulai dari nama, tempat tinggal dan naik dari stasiun mana. Pertama mereka nanya pakai bahasa Jerman tapi si mas menjawab pakai bahasa Inggris. Terus ditanya pakai bahasa Inggris dia menjawab pakai bahasa Italia. Mana menjawabnya malas-malasan terus pakai acara nuding-nuding ke si ibu petugas kereta malah saya yang tidak tau apa-apa dituding-tuding juga... njelei banget pokoknya... mungkin ini orang tidak suka karena saya ngeliatin mereka terus tapi plis ya... Saya itu ngeliatin pak polisinya... ngeliatin sama ngeces-ngeces hahaha... lha ganteng-ganteng banget sih :) Oya buat yang belum tau hehehe... saya ini paling demen ngeliatin lelaki ganteng :) 

Yang bikin saya seneng sama bapak-bapak polisi itu adalah... no body contact AT ALL!! Bener-bener deh polisi Jerman menjunjung tinggi hak asasi manusia. Itu si mas kalau di Indonesia sudah jadi sansak kali... coba saja menjawab celelekan pas ditanyain polisi Indonesia... resiko paling ringan muka rata karena lebam-lebam. 

Karena si mas itu tetap tidak bisa kasih keterangan jelas terus kartu identitas dia juga tidak jelas jadi dia diminta turun untuk diinterogasi di kantor polisi. Tau gak sehh... walaupun orang itu benar-benar celelekan plus agak mabok tapi bapak-bapak polisi itu tetap sopan waktu nyuruh dia turun. Gesture mereka kayak mempersilahkan gitu dan sama sekali gak ada body contact. 

   

Setelah mereka turun saya kembali asik menikmati pemandangan dan tidak berhenti motret-motret :) Sama sekali tidak kawatir tentang gimana nanti setelah sampe Berlin karena kereta yang saya tumpangi tidak telat dannnn... Aldhiana bilang siap menjemput hehehe... ternyata benar-benar tepat waktu kereta saya sampai stasiun Haufbahnhof berlin. Turun kereta saya sibuk pakai kaos tangan, masukin kamera dan cari-cari HP. Bego banget kenapa tidak pas masih di kereta siap-siap ya :( 

Satu yang ada dipikiran saya waktu itu adalah ambil HP buat menghubungi Aldhiana... belum juga nemu HP tau-tau...
'Niaaaaaaaaaa...' 
 hahaha... 
Ternyata Aldhiana sudah menunggu saya di peron :) 

Thx banget ya Din :)

No comments:

Post a Comment