Wednesday, February 15, 2012

sampe jg di bratislava

posted on Facebook on Wednesday, August 24, 2011 at 12:46am

Di note sebelumnya saya cerita tentang ketinggalan kereta ke Bratislava gara-gara saya terlalu sibuk dengan paprika dalam sandwich yang saya makan. Nah keteledoran saya itu berbuntut panjang. Petaka demi petaka seakan-akan mengikuti langkah saya hiks :(

Sekitar jam 18.10 kereta yang ke Bratislava memasuki peron stasiun Sudbahnhof Vienna. Setelah yakin kalau tidak salah kereta saya langsung naik ke gerbong. Seperti biasa cari gerbong yang banyak penumpangnya. Kalau dilihat-lihat sih Vienna lumayan aman tapi ngapain cari-cari yang tidak pasti? Kalau sampai kena rampok mampuslah saya.

Saya mengutuki diri sendiri kenapa tadi tidak mikir kalau di dalam gerbong bakal lebih anget dari pada nongkrong di peron. Selain itu bisa istirahat juga karena kursinya empuk dan nyaman. Haisss… bego kok kumat gak lihat tempat :(

Tepat jam 18.20 kereta bergerak meninggalkan Vienna. Perjalanan Vienna Sudbahnhof - Bratislava Hl.st kira-kira 1 jam. Bisanya kalau di kereta saya tidak tidur. Sayang kan kalau tidak melihat pemandangan :) tapi kali itu selain capek diluar juga gelap jadi ya saya menikmati perjalanan dengan tidur hehehe…

Sebenernya hati saya gundah gulana hehehe… hiperbolis! Tapi asli saya khawatir banget kalau ada masalah dengan hostel karena saya bilang check in sekitar jam 16.00 tapi jam 19.20 baru sampai stasiun utama Bratislava. Khawatir juga kalau tidak ada angkutan umum ke hostel :(

Begitu sampai stasiun saya langsung nanya harga tiket ke Berlin. Pertama saya ke loket penjualan tiket tapi karena saya bilang mau nanya jadwal dulu jadi petugasnya menyuruh saya ke semacam loket customer service. Jangan harap dapat pelayanan yang ramah deh disini. Semua petugas bersikap dingin. Entah karena karakter mereka gitu atau karena winter hehehe…

Petugas di customer service tidak menyapa sama sekali. Cuma ngeliatin saya tok. Saya masuk langsung nyerocos minta info kereta ke Berlin yang berangkat lusa termasuk harga tiketnya. Oya di note2 sebelomnya saya sudah cerita kalau saya bilang ke Aldhiana sampai Berlin sekitar jam 7 malam jadi sebisa mungkin saya tidak ganti rencana.

Petugasnya ngeprint jadwal termasuk harga tiket buat saya. Terus dikasih gitu aja tanpa nerangin ini apa itu apa. Dia bersuara cuma pas saya bilang thank you dan dia menjawab welcome. Abis itu saya balik ke loket penjualan tiket dan beli tiket ke Berlin. Petugasnya pencet-pencet keyboard dan di monitor kecil muncul tulisan 33.40 wahhh saya sudah seneng lho kirain harganya turun hahaha… ato ada diskon terselubung? Who knows… tapi terus muncul lagi 50.60 lho kok jadi naik?? Ternyataaaa… yang pertama itu harga Bratislava - Decin terus yang kedua Decin - Berlin. Hahaha… tidak cuma naek harga ini malah mesti dijumlah total jadi harga Bratislava - Berlin :( walaupun mahal sy langsung beli karena kalau naik pesawat terakhir saya check Air Berlin harganya 140E. Kalau bis saya gak tau ada atau tidak. Malas juga ngecek karena yakin kalau naik bis bakal habis waktu di jalan.

Saya rencana mau tukar uang di stasiun tapi ternyata di Slovakia bisa pakai 2 mata uang. Euro atau Slovenska Koruna yang disingkat Sk. Karena malas buka-buka tempat uang saya urungkan niat tukar. Lagi pula di stasiun ini buanyak banget gelandangan dan mereka ngeliatin saya terus. Entah karena orang asing atau karena mereka mengira saya salah satu dari mereka hehehe… Kerena saya beli jaket di Praha jadi jaket yang saya bawa dari Singapore tidak terpakai. Saya jelas tidak mau buang jaket itu karena itu kenang-kenangan dari teman-teman Korea saya :) lagi pula harganya juga lebih mahal dari jaket baru saya hehehe…

Nah karena tas sudah penuh barang jadi jaket lama saya masukan ke plastik kresek. Tidak tanggung-tanggung kreseknya warna pink jreng hehehe… terus buntelan jaket itu saya untel-untel dengan syal terus saya ikatkan diatas backpack. Kira-kira mirip pak janggut (ato pak jenggot?) di cerita majalah Bobo jadul. Benar-benar tidak stylish sama sekali hehehe…

Keluar dari stasiun saya tengak tengok cari bis tapi tidak nemu padahal sebenernya ada lhooo cuma mangkalnya agak jauh dan karena gelap jadi saya tidak lihat :( akhirnya saya nanya ke mas-mas ganteng hehehe… saya tanya arah mana kalau ke Stefanikova Road. Karena menurut petunjuk dari hostel jalan kaki dari stasiun utama ke hostel cuma sekitar 10 menit. Mana ditulis ‘walk down the hill’ jadi saya mau jalan saja wong cuma 10 menit kok.

Si mas ganteng nunjuk arah selatan terus bilang ‘junction - straight - junction - left’ petunjuk yang sangat jelas sebenernya tapi entah kenapa bego saya kumat lagi. Atau mungkin gara-gara konsentrasi terganggu dengan kegantengan si mas hahaha… halah mbuh! Yang jelas saya kesasar!!

Hostel saya letaknya di Heydukova Street. Tapi karena jalan ini ‘almost impossible’ ditunjukan kalo dari stasiun utama jadi saya nanya jalan besar yang dekat Heydukova Street ini. Rencana sebenarnya adalah kalau saya nemu Stefanikova Road saya bisa cari Hodzovo Nam (istana kepresidenan) nah dari sini lebih gampang ke Heydukova Street. Tapi karena saya belok kiri di perempatan pertama, bukan yang kedua seperti yang ditunjukin si mas ganteng :( alhasil saya muter-muter tidak jelas. Karena malam itu turun salju jadi saya malas buka kitab lonely planet untuk lihat peta. Saya jalan terus pake insting memperkirakan arah yang bener. Benar-benar bego pokoknya :( sekitar 15 menit jalan tidak jelas saya tidak nemu seorang pun yang bisa ditanyai. Akhirnya saya duduk di halte bus, istirahat dan menunggu mukjizat hehehe… tidak lama kemudian ada 2 cewek lewat. Muka mereka masih muda banget. Kirakira umur 15th an. Kalau nanya sama anak umur segini itu biasanya mereka bisa bahasa Inggris tapi sisi buruknya mereka kadang sok tau hehehe…

Saya tanya mereka arah mana kalau mau ke Hodonov Nam. Mereka tidak tau. Saya tanya Crowne Plaza juga tidak tau. Hedew… akhirnya saya keluarin juga lonely planet. Saya tunjuk tempat-tempat yang saya maksud. Reaksi mereka ‘oooohhh… Hodzovo Nam…’ haiyah… jebul saya itu sok tau asal sebut… pantes mereka tidak tau hahaha… kalau yang Crowne Plaza itu mereka ngertinya istilah dalam bahasa Slovak. Jadi tidak mengerti waktu saya sebut Crowne Plaza. Aneh ya… padahal itu kan sebuah nama. Harusnya kan sama :(

Setelah jalan mengikuti petunjuk dari 2 cewek itu akirnya saya nemu juga yang namanya Hodzovo Nam itu. Guess what… sebernya ini adalah istana kepresidenan tapi hhhhh…. Gak banget deh… dibanding bangunan-bangunan penting di negara lain bangunan ini bisa dibilang ‘gak banget’. mungkin tidak berlebihan kalau saya bandingkan dengan istana kepresidenan di Jogja. Ya kira-kira luasnya segitu lah.

Melihat bangunan istana kepresidenan itu saya jadi ingat kata orang-orang yang saya temui di Vienna kalau Bratislava itu kecil banget. Ternyata benar lhoo… terusss… begitu jalan dikit saya sudah bisa melihat Bratislava Castle. Bener-bener deh ibukota negara mini hehehe…

Saya akhirnya bisa nemu A1 hostel di Heydukova Street. Seperti yang sudah saya duga karena saya datang tidak tepat waktu jadi RECEPTIONIST-nya TIDAK ADA!! Gosh… saya mulai terserang migren. Mana capek… dingin… salju turun tanpa henti :( saya coba dorong-dorong pintu tapi tidak kebuka. Di pintu ada post-it ‘dear Kurniawati… pls call this number once u here’ saya telephone nomer itu entah berapa kali tapi tidak diangkat. Akhirnya saya masuk ke bar disebelah hostel niatnya cari sambungan internet. Begitu saya masuk orang-orang di bar ngeliatin saya. Hhmmm… ato mungkin lebih tepatnya ngeliat buntelan saya hehehe…

Ternyata di bar itu ada wifi nya tapi kalau mau pake mesti beli minum dulu baru dikasih password. Tanpa liat menu saya langsung pesan hot chocolate. Siapa tau ada hehehe… mbak bartender memandang saya dengan tatapan aneh. Saya balas dengan tatapan bego. Kalau dia tidak jual hot chocolate saya pesan air mineral hehehe… jagnan harap ya saya pesan apple martini. Saya butuh otak dalam kondisi baik 100% so alcohol is not gonna help.

Mbak bartender bilang kalau mereka punya hot chocolate tapi bukan minuman jadi lebih kayak mousse gitu. Saya mau aja yang penting saya biss pake wifi nya. Saya duduk di pojokan nunggu pesenan saya datang. Hot chocolate-nya mantep banget. Uenak poll dan murah lho… cuma 1.40E. Kalau di Singapore duit 2.80SGD paling-paling cuma dapat Milo Godzilla.

Sambil wifi-an saya telpon terus yang punya hostel. Tapi tidak diangkat :( migren saya makin menjadi, rasanya cenut-cenutnya seirama dng jedak jeduk music bar. Akhirnya sekitar setengah 10 yang punya hostel telephone balik minta maaf dan bilang kalau dia bakalan datang kira-kira 10 menit lagi.

10 menit kemudian saya keluar dan menunggu di pintu yang saya kira pintu hostel. Ternyata itu pintu masuk ke bangunan apartement. Tidak lama kemudian ada cowok ganteng banget menyapa saya. Dia memperkenalkan dirinya tapi saya tidak dengar dia menyebut namanya. Biasa… terpesona dengan kegantengannya hehehe… terus dia buka pintu dengan cara MENARIK! Yup ternyata kalau mau buka pintu mesti narik bukan ndorong! Haisss… tau gini saya gak perlu kedinginan di luar :(

Kayaknya perjalanan ini terlalu berat buat saya jadi kecapaian bikin bego saya sering kumat hehehe…

Wokeh itu cerita tentang perjalanan saya sampai hostel di Bratislava. Lainnya lanjut ntar di note berikutnya :)