Monday, February 6, 2012

ngebis praha - vienna

posted on Facebook, Thursday, May 12, 2011

Sebenarnya nih... saya tidak ingin ke Vienna tapi karena dari Praha ke Bratislava naik kereta atau bus sama-sama lewat Vienna jadi yaaa... kenapa tidak mampir walau cuma semalam :)

Pagi-pagi stelah check out dari hostel saya langsung cabut ke Florence international bus terminal. Karena dekat jadi tidak perlu naik kendaraan :) benar-benar deh Marakesh hostel strategis banget, kemana-mana dekat :)

Bus yang saya naiki dari Praha ke Vienna adalah bus Student Agency jadi jadwal, harga tiket dll yang saya tulis disini hanya untuk Student Agency. Tiket bus ini juga bisa dibeli online. Harga online 14E, lebih murah daripada beli langsung di loket yang harganya 390ck atau sekitar 16E. Oya... yang perlu diingat kalau beli langsung di Praha mesti bayar pake Czech Crown karena mereka tidak terima euro.

Pagi itu saya sampai terminal jam 7.15 jadi masih bisa ikut bus yang berangkat jam 7.30. Loket Student Agency ada banyak tapi tidak semua melayani foreigner. Tidak ada tulisan loket mana yang buat foreigner jadi mesti aktif nanya. Ditiket ada keterangan bus berangkat dari platform mana tapi biar lebih yakin saya tetap nanya ke petugasnya. Florence terminal ini tidak besar-besar amat (kalah jauh kalau sama Umbul Harjo) tapi sarana-prasarannya keren banget. Seperti bandara mini gitu. Keterangan departure-arrival semua bus bisa dilihat di TV layar datar super gede. Wifi nya juga kenceng banget :)

10 menit sebelum bus berangkat saya dan penumpang lain sudah siap di platform 1. Guide bus-nya membantu penumpang memasukan tas-tas ke dalam bagasi. Penumpang yang tidak perlu naruh tas di bagasi tetap tidak bisa langsung naik karena tiket mesti dicek dulu sama guide-nya.

Di tiket sudah ada tulisan nomor tempat duduk. Saya sebenarnya dapat tempat duduk di deket gang tapi sudah diduduki sama cowok berwajah ganteng. Biasanya nih kalau ada kasus seperti ini saya tunjukin tiket saya biar nanti kalau ada salah paham soal tempat duduk saya tidak kena masalah. Tapiiiii... berhubung ini cowok ganteng banget jadi yaaa... mau dekat gang atau dekat jendela asal jejer dia saya sih ok aja kekeke...

Wokeh cerita dikit soal cowok ini :) kalau diliat-liat ni cowok kelihatan cool banget. Tapi begitu teman-temannya dateng.... hhhhh... bikin saya emosi! Pengen tak uncalke lewat jendela :( Ternyata nih dia (dan teman-temannya) adalah anak-anak Italia, masih mahasiswa dan sama-sama suka jalan. Mereka tidak bareng jalannya cuma kebetulan saja bisa ketemu di Praha. so.... kebayangkan betapa hebohnya mereka cerita tentang perjalanan masing-masing :(

Yang paling bikin saya bete berat tuh kelakuan mereka yang norkis abis. Mereka asik banget main-main ringtone HP. Dari yang tulat tulit versi monotone sampai polytone sampai suara cewek mendesah-desah tidak jelas :( tentunya ringtone desahan ini yang paling sering diulang. Keributan mereka mereda setelah guide bus menyajikan minuman. Hhhh... akhirnya... bisa agak relax ini telinga...

Oya di bus Student Agency ini dapat minuman gratis. Bisa pilih coklat, teh atau kopi. Kalau masih haus bisa beli soft drink dari guide-nya. Terus ada majalah dan koran juga tapi sayang waktu itu cuma ada yang berbahasa Czech saja :( kalau di internet sih katanya ada free wifi juga tapi saya cek tidak ada terus pas nanya ke guide-nya malah dia tidak tau soal free wifi :(

Penumpang juga dikasih headset buat mendengarkan musik atau film. Tadinya saya tidak tau kalau film yang diputar itu suaranya bisa didengarkan lewat headset. Saya bingung kok radio isinya dialog tidak jelas sama suara tembak-tambakan. Ternyata saya lagi dengerin channel yang buat TV kekeke... ndeso!

Setelah sekitar 2.5 jam bus sampai di Brno (msh di Czech Rep.) bus berhenti di terminal dekat Brno Hl.n atau Brno main train station. Guide bus ngasih tau kalau penumpang boleh turun dan jalan-jalan tapi mesti siap berangkat lagi jam 10.15 (sesuai jadwal).

Seperti biasa beser saya kumat jadi mesti nyari toilet. Saya bengong lihat tulisan yang intinya di terminal ini tidak ada toilet jadi silakan ke toilet di underpass. Plis deh... terminal yang dilewati bis international kok tidak ada toiletnya. Saya jg kepikiran bikin toilet umum disini :)

Saya ikuti petunjuk menuju toilet di underpass. Tidak jauh sih tapi karena menggendong ransel plus turun salju jadi lumayan rontok juga tulang-tulang saya :( and the best part was... pas sudah nemu eeee... tutup! Sial banget!! Terpaksa ngempet pipis :( di bis ada toiletnya sih tapi males aja... goyang-goyang gitu!

Sebelum balik ke terminal saya mampir ke toko kecil beli sandwich. Penjualnya tidak bisa bahasa Inggris tapi jangan khawatir mereka punya menu bergambar yang ada harganya. Jadi tinggal tunjuk dan bayar :) saya pilih sandwich isi chicken nuggets yang ada tulisannya HOT. Kirain pedas saos ternyata cabe bo! Cabe glundungan gitu langsung diisiin buat sandwich. Alhasil saya lama banget makannya. Selain itu rotinya juga alot jadi baru habis setengah saya sudah hilang selera. Tapi justru ini yang menyelamatkan saya di Vienna :)

Bus berangkat tepat waktu dari Brno lalu sekitar jam 12.00 sampai di Vienna. Ada 2 tempat turun yaitu di Pratersten dan Letiste. Saya tidak tau mesti turun dimana karena petunjuk dari hostel tulisannya 'from Erdberg (international bus station) bla bla bla...' wekzzz... ternyata bus tidak ke Erdburg :( saya nanya ke guide kalau mau ke Erdburg mesti turun mana trus dia ngecek tiket trussss... dia bilang kalau saya mesti turun Pratersten karena tiket saya cuma sampai situ tidak sampai Letiste. Haaa??? Lha meneketehe kalau mau ke Letiste mesti beli tiket yang beda :(

Well... karena mesti turun Pratersten ya saya ikutan penumpang lain yang turun situ. Cowok-cowok italia yang tadi ribut di bus itu juga turun Pratersten. Mereka juga bingung mau kemana terus buka-buka peta dan kitab Lonely Planet. Saya pura-pura motret sambil nguping kira-kira mereka tau tidak cara ke kekota. Lho kok bisa nguping? Emang tau bahasa Italia? Tidak juga sih kekeke... tapi pakai feeling saja kekeke...

Mereka sebut-sebut Ostbahnhof dan Sudbahnhof jadi saya yakin mereka mau kesana naik metro. Akhirnya saya nguntit mereka kekeke... ada gunanya juga nih cowok-cowok :) Saya tau sih kalau Pratersten itu stasiun metro tapi saya bingung cari mesin tiket dan peta. Saya pelajari peta metro yang ke Neubagasse-stasiun yg plg deket hostel saya. Terus mencet-mencet mesin tiket pilih-pilih yang paling murah :) karena hari itu saya cuma mau puter-puter sekitar hostel dan tidak butuh transport jadi saya beli tiket sekali jalan yang harganya 1.40E. Pilihan lain ada tiket harian dan shopping tiket yang berlaku dari jam 8 pagi - 8  malam.

Dari Pratersten saya naik jalur U1 terus transfer di Stephansplats terus ganti jalur U3 turun Neubagasse. Turun dari kereta saya ikuti petunjuk dari hostel. Detail banget lho petunjuknya. Saking detailnya jadi lucu :) Gini nih 'Turun dari kereta, belok kanan, naik tangga, jalan lurus ke exit yang paling ujung, naik tangga lagi, anda akan nemu shopping street di sebelah kanan, tapi jangan ke kanan tapi belok kiri ke arah Lindengasse, buka pintu kaca, jalan lewati NH hotel and you will see our reception right in front of you'.

Saya ikuti petunjuk itu dan... viola... saya nyampe di reception :)