Monday, February 6, 2012

so little time so much to see

posted on Facebook Friday, April 15, 2011

*hhhmmm... saya kok sering bikin judul pakai bahasa Inggris tapi isinya tetap bahasa Indonesia plus Jawa

Praha tidak seperti yang saya bayangkan. Kalau di film-film itu kan kelihatannya bangunan-bangunannya exotissss banget... terus promo-promonya menyebutkan pemandangan dari tepi sungai Vlatava bagus banget. Tapi yang saya lihat dan rasakan kok tidak seperti itu ya?! Apa mungkin karena saya kesana diwaktu yang salah?! Bukan autumn dengan daun-daun berwarna kemerahan... bukan spring ketika bunga-bunga mekar... tapi saya datang pas winter tanpa salju... garing!




Apa karena saya tinggal di hostel berbau Arab dan makan makanan Italia jadi kurang 'menyatu' dengan Praha ya?! Entahlah... yang jelas dimanapun saya berada... di castle, di cafe, di terminal, di stasiun, di jalan-jalan... yang terdengar orang-orang bicara dalam bahasa Inggris. Saking banyaknya turis! Saya sudah usaha 'minggir' cari tempat yang kira-kira tidak banyak turis tapi kok yaaaa... ada saja yang ngomong Inggris :( Buat orang lain mungkin tidak ada yang salah ketemu turis lain tapi saya itu kalau dengar orang ngomong Inggris jadi ingat kantor... ingat kerjaan... ingat proyek-proyek yang saya tinggal hehehe...



Yah biar Praha tidak sebagus yang saya kira tapi merupakan kota yang asik buat jalan-jalan :) Systemnya subway, tram dan busnya gampang dipelajari. Terus buat orang-orang seperti saya yang lebih suka jalan kaki, Praha juga lumayan 'bersahabat' dengan pejalan kaki. Kekurangannya menurut saya cuma 1 yaitu green man di tempat nyebrang bentar banget jadi mesti cepat-cepat nyebrangnya :(

Hari kedua di Praha saya muter-muter Prague Castle, Old Town (again!) terus ke stasiun dan terminal internasional buat beli tiket ke Vienna. Pagi sekitar jam 8 saya keluar hostel terus jalan ke Old Town terus jalan lagi ke arah Jewish Cemetery tapi baru sampai depan synagog-nya saya sudah malas mau nerusin jalan. Saya merasa tidak nyaman dikawasan ini :( Jadi saya langsung cabut menuju Prazsky Hrad ato Prague Castle. Saya masuk dari entrance sebelah timur - Old Castle Steps. Entah ada berapa anak tangga di tanjakan ini. Gimana mau ngitung wong mengatur nafas saja susah. Dari sini saya bisa lihat pemandangan kota Praha dengan menara-menara bangunan kuno yang menjulang dan sungai Vlatava dengan jembatan-jembatan yang menawan. Lho tadi bilang tidak menarik kok sekarang bilang menawan?! Yup! Ternyata Praha dari atas kelihatan lebih cantik :)




Di komplek castle ini ada beberapa bangunan, salah satunya Chram Sv Vita ato St. Vitus Cathedral. Kalau mau masuk kesini mesti beli tiket yang harganya (untuk dewasa) 350kc atau yang 220kc. Kalau saya sih karena kere jadi memilih untuk menikmati bangunan katedral ini dari luar saja hehehe... setelah capek keliling castle dan capek motret saya turun lewat Old Castle steps menuju Child of Prague Church tapi karena kaki sudah tidak kuat lagi buat jalan akhirnya saya balik ke Malostranska station terus naek subway ke Namesty Republiky, station yang dekat hostel. Keluar dari station rasanya saya ingin lari biar cepat sampai hostel terus tidur. Tapi dasar tukang nguntit... pas lihat ada ibu-ibu masuk toko saya tau-tau ikutan masuk juga hehehe... Toko yang dari luar kelihatan kecil ini ternyata gede lho dalamnya. Di toko inilah saya dapat jaket tebal seharga 199kc ato sekitar 140rb rupiah!! Murah banget kan?!

Siang itu saya tidak jadi tidur karena asik cerita-cerita dengan teman sekamar yang dari Jerman. Saya cerita tentang bangunan-bangunan di castle... mereka cerita tentang makanan dan alcohol-nya Praha.




Sore sekitar jam setengah 5 saya jalan lagi ke Charles Bridge terus ke Child of Prague Church. Ndilalah... kebetulan... saya sampai di gereja itu pas jam 6... pas banget misa dimulai :) Sekalian deh ikut misa :) Jujur saya tidak ada rencana mau ikut ibadah hari minggu itu hehehe... Gereja ini tidak terlalu besar tapi interiornya wuaaaahhhhh... super keren!




Yang ikut misa banyak juga lho anak mudanya. Lektornya dan solisnya juga masih muda (dan ganteng!). Koor nya juga bagus jadi walaupun saya tidak mengerti bahasanya tapi bisa merasakan damai selama ikut misa :) Setelah misa saya lihat ada beberapa orang yang motret jadi saya langsung ikutan motret hehehe... Tidak banyak sih motretnya karena masih banyak yang lagi berdoa jadi sungkan cekrak cekrek :)

Puas motret saya menuju pintu keluar melihat-lihat pengumuman dan info trusss... mata saya langsung melotot melihat tanda no photography! Yahhhh... kan saya lihatnya setelah selesai motret jadi tidak salah-salah amat hehehe...




Setelah dari Child of Prague Church saya menyusuri sungai Vlatava terus nyebrang ke arah Narodni. Rencana mau naik subway ke stasiun utama tapi pas lewat jembatan saya lihat dancing building-nya Gehry jadi ada niat mau kesana. Dari jembatan kelihatan dekat tapi ternyata jauuuhhh... mau nyerah kok nanggung... mau terus nyari kok tidak sampai-sampai...




Akhirnya sampai juga dan bisa motret dancing building itu terus jalan lagi niatnya ke Wencesclas Square tapi karena terlalu capek jadi langsung naik subway ke Praha Hlavni Nadrazi atau stasiun utama yang sering disingkat Praha Hl.n. Begitu sampai di stasiun ini saya langsung cari ticket information nanya jadwal dan harga tiket yang ke Vienna dan ke Bratislava. Tiket kereta ke Vienna harganya 650kc dan yang ke Bratislava 700kc. Karena agak mahal saya tidak langsung beli. Setelah itu saya naik subway lagi ke station Florence terus ke Florence international bus terminal ngecek jadwal dan harga tiket ke Vienna dan Bratislava juga. Harganya kira-kira separo dari harga kereta dengan lama perjalanan sekitar 5jam. Tadinya saya mau langsung beli tiket yang ke Vienna tapi ternyata mereka tidak terima euro :(




Saya berjalan lunglai meninggalkan terminal. Sudah malam... tidak ada money changer buka... gimana mau dapat Koruna?? Saya mengingat-ingat duit koruna saya cuma tinggal 150kc sedangkan harga tiket bus 390kc. Lagi puyeng mikirin duit tau-tau ada cewek yang mau merampok saya! Ini cewek masih muda banget. Blm ada 20th lah. Tapi gaya dandan dan make up nya kayak tante-tante! Gila ya... preman di Praha make up-an hahaha... entah dia ngomong apa... minta duit kali ya. Tapi saya cuek saja dan tetap jalan. Dia menghalang-halangi jalan saya terus mulai dorong-dorong. Saya sudah mau nonjok ini cewek (PD menang karena dia mabok!) tapi untungggg... saya lihat gerombolan preman teman-teman si cewek ini yang mojok di tempat gelap di ujung jalan. Dari pada nambah masalah saya diam saja. Cuek pura-pura tidak dengar dan tidak tau ada mereka terus tetap jalan ke hostel. Thank God saya bisa sampai hostel dengan selamat :)

Sampai di hostel saya nanya-nanya siapa yang punya duit 250kc nanti saya tukar dengan euro. Kebetulan penjaga hostel punya Koruna dan kurs dia lebih bagus dari pada kurs di money changer hehe... Dia memberi saya 250Kc untuk 10 Euro padahal kurs di luar cuma 24.5kc. Jadi saya kembalikan kelebihannya :) Sudah bisa tenang malam ini tidak perlu mikirin duit lagi hehehe...

Tapi pas mau tidur saya baru ingat.... saya belum beli souvenir!!! Sutra lah... Tidak ada waktu sih...

.

No comments:

Post a Comment