Thursday, March 10, 2011

the AGE factor

posted on facebook September 17, 2010


Saya hanya ingin berkeluh kesah...

Sering pindah-pindah tempat kerja membuat saya mengerti tentang watak orang-orang yang berasal dari daerah yang berbeda. Dari bermacam-macam watak itu ada 1 yang sama yaitu: MALAS BELAJAR! alasannya: "Aku sudah tua. Tidak bisa lagi kalau diajari macam-macam"

Okeeee... kalau memang sudah 60th keatas sih wajar bilang sudah tua. Tapi kalau masih 35-40 bahkan yang lebih muda dari saya pada bilang seperti itu apa tidak bikin darah tinggi??!! Bapak saya yang sudah 75th lebih saja masih semangat mempelajari hal-hal baru masa yang lebih muda umurnya pada ngeles begitu...

Contohnya nih ya soal transfer foto dari HP ke komputer. Kalau yang ini lebih khusus tentang teman-teman kantor saya yang sekarang. Mereka itu seringgggg banget menghina saya karena pakai HP yang tidak ada kameranya dan tidak bisa terima MMS. Saya cuek saja dan bilang: "Kalau mau motret kan ada kamera". Mereka bakalan jawab yang tidak praktis lah... yang repot mesti ingat-ingat bawa kamera lahhh... yang mesti cek batre kamera dll...

Tapi kalau mau transfer selalu saja: "Nia you ada masa tak? Boleh tolong cetak ini gambar?" Lhaaa... situ HP bagus-bagus kok tidak bisa urus sendiri?? Nanti kalau sudah di save di komputer bingung lagi gimana caranya ngeprint. Pernah saya suatu hari emosi memuncak gara-gara soal ini sampe saya marah-marah terus boss bilang kalau mereka harus belajar biar tidak meganggu saya kerja.



Berkali-kali saya ajari dan berkali-kali juga mereka mengakiri pelajaran dengan kalimat: "Wo sudah tua... tak cakap lagi belajar macam tu."

Saya besar di antara orang-orang yang tidak pernah berhenti belajar. Bapak saya dan Pak De dan Oom saya tidak pernah ngajari atau kotbah untuk belajar tapi mereka kasih contoh nyata misalnya kalau punya barang baru: BACA ATURAN PAKAINYA DULU!!! kalau barangnya rusak: BACA PANDUANNYA DAN CARI CARA GIMANA MBENERINYA!!! Kalau pun harus bertanya: PASTIKAN MENGERTI BENAR APA YG DITANYAKAN!!! Jadi bukan biar tidak kelihatan bego tapi yang paling penting tidak merepotkan orang lain.

Saya tidak heran kalau teman-teman pada cerita anaknya sampai terancam tidak naik kelas karena tidak pernah belajar. Lha ortunya saja begitu...

.

No comments:

Post a Comment