Thursday, March 10, 2011

jangan bermain-main di escalator

posted on baltyra.com and facebook April 12, 2010


berita di yahoo.com.sg: Boy injured after foot gets caught in escalator at VivoCity.
kejadiannya berlangsung hari minggu kemarin sekitar jam 12.45. jam2 segitu di VivoCity emang lg banyak2nya pengunjung yg bawa anak2. Bagi yg blm tau, VivoCity adalah mall yg diatasnya ada playground dan pancuran untuk maen anak2. Klo hari libur mall ini selalu penuh pengunjung selain karena ada playground dan toko2 yg lengkap, mall ini dekat dng harbour front/ ferry terminal ke Batam jadi pasti banyak turis yg jalan2 di mall ini.

seperti di mall2 yg laen, fasilitas lift di VivoCity jg tidak sebanding dng pengunjung yg akan menggunakan lift. hampir dpt dipastikan klo mau pake lift harus tunggu dan antri jadi pengungjung lbh memilih untuk menggunakan escalator. kadang2 mesti antri jg untuk menggunakan escalator tp relatif lbh cepat drpd lift. sebagian besar org disini tau aturan jg sih untuk gak berdesak2an di escalator tp ttp aja ada yg gak tau diri maen dorong. ada lg yg lbh parah yaitu klakuan anak2 yg bermain2 pas di escalator. sy sih maklum lah klo ada anak2 yg kyk gitu tp ttp gak abis pikir sama ortu anak2 itu. apa mereka gak mikir ma keselamatan anak2nya ya??!!

berita anak kecelakaan di escalator di singapore memang br kali ini sy denger. mungkin anak2 sini dah pada canggih2 kali ya secara escalator dah jd bagian hidup sehari2 terutama bagi pengguna MRT. tp ya secanggih2nya anak2 kan ttp harus diawasi orang tua.

sy pernah baca di poster kampanye ttg keselamatan menggunakan escalator. isinya kira2 gini 'sekian persen kecelakaan yg terjadi di escalator disebabkan karena kelalaian pengguna dlm mematuhi aturan2 penggunaan escalator' nah aturan2nya itu antara laen:
1. pegangan handrail
2. berdiri didalam garis batas warna kuning
jadi jarang bgt tu kecelakaan karena mesin yg tiba2 mati ato kesalahan teknis laennya.

klo sy liat sih org2 disini lumayan tertib dlm menggunakan escalator. jarang bgt ada yg lari... plg2 jalan naek ato turun cepet bgt. klo ma org2 yg kayak gitu sih sy anggap ok aja. tp klo ada yg bawa bayi ato anak kecil pake kereta dorong trus ttp pake escalator %@#$%@$#% jengkel bgt sy ngeliatnya! kyk gitu kan bahaya bgt! gak cuma bahaya buat dia n bayinya tp jg bahaya buat org laen. misalnya klo keretanya sampe njatuhi org yg berdiri di bawahnya kan bahaya bgt. klo sy mending tunggu n berdiri jauh2 dr org2 yg bawa kereta bayi di escalator. amit2 deh klo sial gara2 kelakuan org2 gak bertanggung jawab kyk gitu.

di stasiun MRT khususnya dlm durasi bbr menit akan diumumkan 'pasengers traveling with young children or the elderly please use the lift'. tp ttp aja banyak yg bawa kereta dorong di escalator. boleh sih kereta dorong dibawa di escalator tp mesti dilipet dulu. artinya bayi ato anaknya digendong dl trus kereta dilipet baru deh dibawa naek escalator.

ada jg pengumuman di stasiun MRT klo penumpang yg bawa barang berat disarankan untuk menggunakan lift tp yaaa... ada aja yg cuek bgt pake escalator walo bawa barang segede bagong. sy pernah nih pas mo ke Batam naek feri dari Harbour Front, ada bpk2 bawa koper gede2 bgt naek escalator krn sy gak mau ketiban sial jadi sy tunggu sebentar sampe bapak2 itu sampai di lantai atas baru sy naek escalator. sialnya ya... walo dah waspada gitu... salah satu koper itu bapak nyangkut di ujung atas escalator dan krn terlalu banyak koper yg mesti bapak itu urus jadi dia lambat bgt ngambil koper yg nyangkut itu. sy dah mo nyampe atas itu koper msh aja disitu. trus sy melangkah turun sesuai irama escalator biar sy ttp ditempat tunggu tu koper dipindahin. ndilalah ya... udah kayak org bego naek gak turun gak kyk gitu eee... ada bapak2 laen lg yg naekin koper2nya ke escalator. ampun deh! ini bener2 keterlaluan!! aturannya kan tiap barang yg dibawa itu mesti 'dikawal' bukan ditaruh doank trus dibiarin naek sendiri kyk gitu!!! sy jengkel bgt terjebak disituasi bodoh kyk gitu. akirnya sy cuek aja nginjek koper si bapak depan sy trus jalan menjauh dr escalator itu trus balik badan liatin tu bapak2 kebingungan urus koper2nya.

sy sempet takut naek escalator gara2 dl pernah liat di tivi ada anak kecil jari tanggannya mesti dipotong karena nyangkut di escalator. kejadiannya di salah satu mall di jkt. ngeri bgt deh! ceritanya itu anak abis dibeliin kaos kaki sama mamanya trus dibuka2 pas di escalator trus jatuh... nah pas lg mo ambil kaos kakinya itu tangannya kejepit. iihhh ngeri bgt deh!!

sy gak tau klo escalator2 di indonesia tp klo disini bbrp ada yg punya emergency stop button. biasanya sih letaknya di kedua ujung escalator dan ditengahnya. klo yg ditengah kebanyakan di bawah deket pijakan tp ada jg yg deket handrail. fungsinya untuk menghentikan escalator ketika dlm keadaan bahaya. tp walo ada tombol ini tp ttp kan kita sendiri yg mesti ati2. biasa kan ada yg pencet tombol emergency setelah kecelakaan terjadi. oya klo disini dideket tombolnya ada tulisannya 'penalty for missuse $5000' jadi mending gunakan escalator secara bertanggung jawab jadi gak perlu mencet tombol darurat ^^

.

No comments:

Post a Comment