Thursday, June 24, 2010

lidahku benar-benar tak bertulang

posted on facebook 1 May 2009


temenku cai pernah mengeluarkan pernyataan yg bikin ak bener2 bingung. begini ceritanya...
waktu itu ak nungguin cai ambil duit di ATM. sambil nunggu ak masuk 7-11 dan beli 2 botol juice jambu. pas ak keluar dr 7-11 ternyata cai udah selesai ambil duit. karena ak liat gak banyak org yg antri jadi ak mau ambil duit jg. 1 botol juice yg sudah terbuka ak bawa dan 1 botol lagi ak berikan ke cai. setelah selesai berurusan dng ATM kmi jalan ke mall. di jalan ak liat botol juice yg ak berikan ke cai masih blm dibuka. lalu ak tanya
ak: "kok gak diminum?"
cai: "lho buat ak to?"
ak: "ya iya lah. piye to?"
cai: "lha tak kira tu kmu cuma titip nia"
ak bener2 shock denger jawaban cai. emang sih pas ngasih juice ak gak bilang itu buat dia tapi kok bisa2nya kepikiran nek ak cuma titip???
ak: "ya ampun cai.... kmu tu sopan bgt sih. kan ak udah minum 1"
cai: "ak dididik gitu sih nia. kan kmu gak bilang ini buat ak. jadi gak tak minum"
ak: "ak jg dididik gitu sih cai, tapi gak keterlaluan kyk kmu deh. misale maen ke rumah temen gitu ak gak pernah langsung masuk kamar coz gak boleh ma bpkku. tp nek soal minuman kyk gitu ya mesti langsung tak minum lah"
cai: "kmu tu nek perbuatan sopan sih nia. cuma OMONGANMU itu lho... OMONGANMU nia..."
ak bener2 bingung nih ma kata2 cai. emang knp omonganku??? ada yg salah dng omonganku???
**

dl sebelom aktif di FB ak sering bgt buka2 FS. cek profile temen2 dan kadang2 kasih komen or testi. yg paling sering ak komentari adalah anik, wiwik dan mb diba (temenku yg super gila). biasanya bbrp hari setelah nulis komen ak akan ngecek lg apakah komenku sudah terpampang di profile temen2ku itu. kebanyakan komenku di approve tp bbrp ada yg direject. salah satunya komenku buat anik. ak heran bgt kok berani2nya anik reject komenku. dalam kasus ini ak cuma inget kalo ak kasih komen tp gak inget isi komenku. trus ak tulis komen lg buat anik yg isinya mempertanyakan kok komenku direject. rupanya anik curhat ke wiwik, dia cerita knp dia gak approve komenku dan seperti yg selalu terjadi, wiwik cerita ke ak.
wiwik: "anik tu sakit hati ma komenmu mbes... ora sopan bgt bahasane"
ak: "ha??!! ora sopan piye? lha ak komen apa sih?"
wiwik: "ak jg gak tau... tp jarene ada kata2 mangas gitu"
ak inget ternyata ak ngomentari shoutoutnya anik yg kira2 begini "dunia ini tidak cukup untuk manusia2 rakus". ak lupa kata2 apa yg ak tulis di komen kayaknya ak menyebut dia mangas ato piye gitu... pokoke ada kata2 mangas-nya. yg jelas ak heran bgt kok anik bisa sakit hati ma komenku... itu kan biasa2 aja hehehe...
**

suatu ketika ak merasa kehilangan wiwik. cukup lama dia gak online, sms jg gak dibales. trus ak tanya ke anik kmana perginya si wiwik itu. begini kira2 jawaban anik: "dia tu desperate baca komenmu! terlalu kejam!"
ha???!!! komen yg terlalu kejam??? komen yg mana??? jgnkan ingat kalo ak kasih komen kejam, ingat ngasih komen aja gak. trus anik ngasih tau komen yg dimaksud tp ak gak bisa ceritakan lg karena ak udah lupa lagi hehehe...
**

2 contoh kejadian itu gak mampu menjawab pertanyaanku atas pernyataan cai. APA YG SALAH SIH SAMA OMONGANKU???? hingga siang tadi....
ak kasih komen di profilenya kakak kelasku. lalu ada yg kasih komen lg setelah ak. ak anggap komen org ini adalah tanggapan dari komenku jadi ak kasih komen lg untuk menanggapi komennya. lalu kakak kelasku ini bilang ke ak (chatting) kalo org yg ak tanggapi komennya itu marah. menurut dia komentarku itu tidak sopan. wah!!! jujur ak speechless... blank untuk bbrp saat. seperti yg sudah2 ak bertanya "apa yg salah sih????"
ternyata gara2 ak pakai kata "dikau" yg menurut dia "kasar untuk menyebut org yg belom dikenal". tentunya kata2 lain dlm komenku jg membentuk kalimat yg kasar dan tidak sopan.
ak jadi inget jaman kerja di jkt. dari pertama ketemu sampe berpisah kmi sering menggunakan kata "dikau" "kau" "dirimu" dan kata ganti laen dan kmi tidak merasa itu kasar atau tidak sopan. yahh... lain ladang lain belalang.

pertanyaan baru muncul "SETELAH TAU ADA YG SALAH DNG OMONGANKU, APAKAH AK AKAN BERUBAH? LEBIH BERHATI-HATI DALAM BERKATA-KATA?"
hanya kalian teman2ku yg bisa menjawab pertanyaan itu.

No comments:

Post a Comment