Tuesday, June 22, 2010

teknology (hampir) membawa petaka

posted on facebook 31 March 2009


ada mesin fotokopi baru di kantor. baru datang hari kamis lalu. jadi belum seminggu si mesin ini jadi penghuni baru di kantor. mesin ini kami dapat dari cannon dng cara menyewa, tiap bulan kantor harus bayar sekitar 300 dolar plus biaya cetak yg perhitungannya berdasarkan jumlah cetakan yg dihasilkan oleh mesin ini. 1 lembar cetak hitam putih kalo gak salah kena charge 5 cent dan cetak berwarna 25 cent. jadi makin sering si mesin dipake ngeprint atau fotokopi... makin mahal pula charge yg harus dibayarkan ke cannon.

ribet ya?! tp gimana lagi... kalo beli mahal bo! lagipula dengan sistim sewa kami gak perlu pusing mikir ganti toner, servis dan pemeliharaan karena semuanya gratis hehehe... trus kata bos (yg masih perlu di check lg) dengan sistim sewa kita bisa minta ganti dng mesin yg lebih canggih lagi setelah 3 tahun pemakaian.

aku agak bingung waktu denger kantor bakalan nyewa mesin fotokopi dr cannon. ngapain gitu lhoh?! wong kami dah punya mesin fotokopi yg masih bisa dipakai walau sering nyangkut kertasnya n gak bersih hasil kopiannya.
ternyata mesin baru ini selain buat fotokopi juga bisa buat ngeprint, nyeken plus fax. hasil cetakannya lebih jelas dan lebih tajam, buat nyeken jg cepet. pokoknya canggih bgt deh!

maksud bos nyewa mesin ini selain buat memperlancar kerjaan juga buat ganti mesin2 dan printer2 yang bikin penuh kantor. sebelum ada mesin baru ini kami pakai 1 mesih fotokopi, 2 scanner dan 3 printer yang ukurannya lumayan gede (maklum... produk jadul). seharusnya setelah ada mesin baru yg canggih ini kami gak butuh lagi mesin2 dan printer2 lawas lagi.

TAPI...

hari pertama (kamis) mesin baru dioperasikan sudah ada masalah dng fax line karena tempat mesin baru ini agak jauh dari mesin fax lama jadi kami perlu ngulur2 kabel fax. entah yg salah apanya pas kabel fax dipasangkan di mesin baru malah gak bisa buat kirim dan terima fax. masalah ini berlanjut hingga hari kedua (jumat) bukan hanya gak bisa kirim/ terima fax tapi suara tat tit tut khas mesin fax gak ada. akhirnya kami nelpon cannon minta teknisinya dateng buat ngecek. teknisinya bilang kalo fax line kami terhubung ke modem lain gak cuma ke mesin fax makanya gak beres. ak inget pernah nemu barang dibawah meja mesin fax lama... jgn2 itu biangnya. ternyata bener... kabel fax-nya harus dipasang ke modem itu dl baru dicolokin ke mesin fax. hehehe... gara2 kami yg geblek ternyata...

hari ketiga (senin) temenku (si A) ngeprint 1 lembar tp yg keluar 136 lembar sampe kertas abis. trus pas ak load kertas lagi si mesin baru ini ngeprint lagi. untung bisa langsung dicancel. setelah ak cek ternyata si mesin ini "diperintah" ngeprint 3033 lembar. kok bisa ya?! padahal setelah di cek di komputer si A cuma ada perintah ngeprint 1 lembar. siapa yg geblek nih???!!!!

setelah kejadian itu si A jadi males ngeprint pakai mesin baru. tapi buat scan dan fax dia masih ok. trus temenku yg laen lagi (si Z) juga kayaknya gak terpengaruh ma kejadian itu. dia asik2 aja pakai mesin baru.

hari keempat (selasa/ today) si A pagi2 sudah sibuk ketak-ketik dan ngeprint ini-itu dan minta tanda tangan bos. dia harus segera nge-fax berkas2 itu. sudah ditunggu si penerima disebrang sana. mungkin karena terburu2 atau memang lagi sial... entah knapa tombol start yang buat nge-fax tiba2 macet, bahkan lampu indikatornya pun gak nyala. si A bingung bgt trus nanya ak harus gimana. lha ak jg gak tau tu mesin harus diapain biar tombol startnya mau nyala lagi. trus ak buka2 buku panduannya, siapa tau ada petunjuk troubleshoot untuk masalah spt ini. dan ternyata... gak ada hehehe... lalu si A nelpon cannon lagi minta teknisinya dtg mbenerin. untung gratis biaya servis dan pemeliharaannya hehehe...

nunggu teknisi cannon yg entah kpn datengnya bikin si A senewen karena memang berkas2 itu harus segera dikirim. trus ak bilang ke dia kalo discan aja trus kirim via email karena kita gak bisa fax. untung kami belum nyingkirin scanner dan printer lama jadi tinggal pasang lagi dan dia bisa nyelesaiin kerjaannya. masalah lain muncul. karena kabel mesin2 lama udah aku copotin dan karena aku asal copot dan asal tarik jadi kabel2nya nyangkut di belakang lemari buku yg susah bgt ngambilnya. akhirnya aku copot kabel mesin laen, pokoknya copot sana pasang sini dan copot sini pasang sana yg penting bisa.

temenku si A trus bilang kalo dia gak mau lg pakai mesin baru. nyusahin katanya. dia yg tadinya cuma berhak atas 1 printer langsung bilang ke bos butuh scanner juga. akhirnya ak ngalah, scannerku ak oper ke dia. trus bos nyuruh ak make scanner si Z aja. temenku si Z yg tadinya nawar2in printer n scannernya gak terima. dia bilang gak mau nglepas printer n scannernya plus dia mau pakai mesin fotokopi lama aja karena mesin baru bikin pusing katanya. si A denger mesin fotokopi lama gak boleh disingkirin jadi agak marah karena kalo mesin fotokopi lama masih tetep disitu dia jadi gak ada tempat buat naruh scannernya. jadi agak eyel2an tadi siang. trus bos nanya aku gimana baiknya. aku jadi bingung mo bilang apa, takut bikin tersinggung salah satu dr mereka. akhirnya bos ambil keputusan kalo mesin fotokopi lama disingkirin. si Z cemberut.

ternyata punya barang dng teknologi lebih canggih gak selalu membawa kebaikan ya...

No comments:

Post a Comment