Saturday, February 6, 2010

the art of giving

(posted at friendster blog - Sept 14, 2008)


hari sabtu minggu lalu sy dolan ke batam. mumpung ada waktu, ada uang dan ada teman yang bersedia nemenin jalan2 selama di batam. berangkat dari harbour front jam 11 siang naek ferry Batam Fast. ini kali pertama sy naek Batam Fast karena tiket return ferry yang biasa sy naekin sudah kadaluwarsa. And pengalaman pertama naek Batam Fast begitu mengecewakan. boarding, departure, arrival time semua mollllooooorrrrrrr. so temen2, sy saranin kalo ada pilihan ferry laen mending jangan naek Batam Fast.

seharusnya sampai batam center jam 11 WIB - lebih gak sampe setengah jam lah... gara2 ferry telat jadi sampenya jam 12 lebih. sebeeeelllll bgt....... sy kawatir kalo temen yang janjian mo ketemu di batam center kelamaan nunggunya. untungnya dia juga telat hehehe... (thanks miss vina atas kesabaran anda menemani saya)

sampai di batam center sy nyebrang ke mega mall lewat jembatan yang menghubungkan kedua tempat ini. puter2 mall sampe sekitar jam 5 sore. sebenere masih pengen jalan2 tapi kepentok duit yang sudah habis (tersisa beberapa ribu rupiah) plus sudah booking ferry yang berangkat jam setengah 6 sore.

sy pikir moment jalan2 ke batam kali ini cuma buat belanja, makan di KFC (hihihi... kangen bgt ma ayam KFC indonesia) plus ketemu ma miss vina. ternyata sy dapet pelajaran berharga bgt tentang "MEMBERI".

ketika kami melewati jembatan penghubung dari mega mall ke batam center, ada anak berumur sekitar 10 taon berdiri di ujung jembatan. ni anak pake kaos merah, celana jeans dan bersepatu. bener2 gak kliatan anak mau minta2. pas kami lewat didepannya dia bilang "minta uangnya bu". sy bener2 kaget secara udah lama gak denger kalimat seperti itu. tapi ya cuma kaget aja, abis tu jalan lagi. sambil jalan sy mikir "kok penampilannya ok gitu minta2 sih? jangan2...." trus ak inget di dompet ada uang rupiah yang pasti gak bakal kepake kalo sy dah nyampe spore. jadi sy berhenti, ambil duit, manggil tu anak, ngasih duit plus wejangan "jangan nakal ya!" anak itu jawab "iya".

sy jadi inget kalo di spore sy lumayan sering ngasih pengemis, pengamen, orang yang kurang duit buat beli tiket MRT tanpa berpikir "pantas gak ni orang jadi pengemis" ato "jangan2 ni orang emang PROFESInya pengemis". secara taraf hidup di spore sudah sangat baik jadi sy berpikir kalo sampe ada yang minta2 brarti emang bener2 butuh. beda dengan di indonesia yang punya banyak sekali peminta-minta jadi sy selalu berpikir kalo mau kasih dan sering kali berakhir pada kesimpulan "mending gak kasih".

sy inget ceramah AA Gym yang sy denger di radio waktu acara sahur ramadhan 5 taon yang lalu. isi ceramah itu kalo sy tuliskan dengan bahasa sy begini "kalo mau memberi yang beri saja. gak usah berpikir mau diapakan uang yang kita berikan itu"

No comments:

Post a Comment