Saturday, February 6, 2010

군데

(posted at friendster blog - May 19, 2005)


Selasa 17 mei 2005 adalah hari special untuk para Oppa [oppa = kakak laki-laki atau mas] mantan 군데 [gunde]. Mereka yang sudah ''lepas'' dari wajib militer hari itu kembali lagi ke kamp. Bukan untuk menjalani kewajiban sebagai gunde lagi tetapi untuk kumpul bersama teman-teman lama eks gunde.

Bagi warga negara Korea Selatan yang terlahir dengan jenis kelamin laki-laki, adalah wajib hukumnya untuk mengikuti wajib militer ketika mereka berusia 20-21 tahun [biasanya tahun kedua di universitas]. Bagi mereka yang sehat jasmani dan rohani, mereka menjalani kewajiban gunde di kamp militer selama 26 bulan. Yang tidak sehat jasmani dan rohani???? [belum dapet info hihihi.....]

Banyak juga oppa-oppa yang ikut program ROTC. Semacam program untuk mempersiapkan kader-kader anggota militer yang tidak bertugas di lapangan. Setelah lulus kuliah mereka akan bekerja di instansi militer.

Teman-teman2 ROTC kuliahnya pakai seragam dan selalu bawa koper hitam. [kayak yang dipakai kakak saya jaman kelas 2 SD hihihi....] dan tentu saja dengan gaya potongan rambut bross alias cepak. Saya senang mengamati mereka karena mereka kalau jalan selalu berpasangan dengan irama dan cara berjalan khas militer. Mereka juga penganut [atau pelaksana] aliran rawe-rawe rantas, malang-malang putung. Orang yang menghalangi jalan mereka disuruh minggir. Egois bgt!!! Mereka tidak mau jalan diluar ''garis lurus''-nya. Yang paling lucu [menurut saya] adalah ketika mereka ketemu kakak kelas. Mereka selalu mengucapkan sesuatu. Tidak jelas bagi orang asing seperti saya, wong mereka ngomongnya sama teriak.

Sang Gi oppa, teman yang membantu kami belajar bahasa Korea hari itu juga kembali ke bekas kampnya. Kami jadi pangling! Wong biasanya lihat dia pakai baju casual kok hari itu dia pake seragam militer lengkap dengan coret-coret hitam di muka!!

Saya tanya ke Sang Gi oppa, apa yang diucapkan anak-anak gunde kalau ketemu kakak kelasnya. oppa bilang: ''jung so!!!'' entah apa artinya dalam bahasa inggris, oppa tidak bisa menjelaskan. Dugaan saya sih itu seperti ''hormat g'rak!!!''

No comments:

Post a Comment