Saturday, February 6, 2010

asap dimana-mana

(posted at friendster blog - Sept 5, 2008)


begini nasib jadi anak kos, harus menerima dengan lapang dada segala kebiasaan si empunya kos. dulu kuliah di jogja gak terlalu berat adaptasinya krn sama2 berbudaya jawa sama yang punya kos. paling cuma harus sedikit lebih toleransi sama anak kos laen yang mayoritas dari luar jawa.

but now???!!! sy kos di rumah keluarga Singaporean-Indian. masih kental bgt Indianya n memegang teguh adat istiadat terutama soal pasang dupa. Si Tante tiap pagi mesti bersiin altar (aslinya store room but di jadiin tempat doa), pasang bunga2 plus setel musik india. mean while mini compo di dapur juga mendendangkan musik india tapi yang disini musik2 buat meditasi gitu. kalo yang di altar agak lebih rancak. abis bersih2 si tante mulai bakar dupa saat itulah rumah mulai dipenuhi asap.

fuuuiiiihhhh.....

untung kamar mandi dalam so buka pintu kamar cuma kalo pas mau berangkat kerja thok. tahan napas bentar pas ngelewatin living hall. abis tu buang napas trus tarik dikit, ternyata di samping pintu masuk si tante pasang dupa juga. and yang ini worse as ketinggian tempat dupanya sama tinggi ma hidungku. agak kaget sih waktu pertama ngalamin. trus lama2 dah apal dan sudah terlatih tahan napas lebih lama.

untungnya gak setiap pagi prosesi seperti itu dilakukan. kadang rabu pagi, jumat pagi dah pagi2 yang lain.

keluar dari rumah jelas bgt bisa menghirup udara pagi yang segar. dingin dan bersih. sampai di halte seberang jalan sudah mulai ada gangguan pernapasan. mesin2 bis yang brenti di halte bikin panas udara sekitar tapi gak pake asap sih so masihh ok lah. harus pinter2 cari posisi yang aman dari semburan udara panas mesin bis.

sampai di kantor masih harus berhadapan dengan asap dupa juga. secara bos penganut taoisme and sebagian pegawainya juga jadi tiap pagi mereka berdoa di depan altar sama bakar dupa. yang sering sy liat bakar dupa 4 orang yang laen belom pernah sy liat, mungkin karena jam masuk kantor kmi berbeda. walaupun hanya 4 orang, kalo masing2 bakar 3 batang ya banyak jg kan asapnya. dah gitu altar di kantor ada 2.

fuuuuiiiihhhhh....

harus tahan napas lagi.

untungnya ruang kerja kami tertutup jadi tidak terganggu dengan asap dari dupa itu.

mo makan siang jg harus tahan napas bentar krn sebelom pintu masuk kantin ada altar yang lumayan besar dan sering "on" dupanya. heran bgt ma orang sini... tiap hari berkutat dengan asap tapi dikasih asap gratis dari Indonesia malah protes hihihi...

No comments:

Post a Comment