Saturday, February 6, 2010

hanbok

(posted at friendster blog - May 14, 2005)


Hanbok adalah nama pakaian tradisional Korea. Terdiri dari dua bagian utama yaitu: baju bagian atas yang disebut ''Jogori'' [jaket] dan bagian bawah ''Chima'' [rok] dan ''Baji'' [celana]. Keduanya dipakai diluar baju dalam yang biasanya berwarna putih. ''Jogori'' dan ''Baji'' dipakai oleh laki-laki, sedangkan perempuan memakai ''Jogori'' dan ''Chima'' .


Image taken from internet - unknown source


Warna yang dipakai untuk Hanbok ada aturannya. Masing-masing dinasti punya aturan sendiri-sendiri. Juga ketika hubungan Korea-China sedang hangat-hangatnya [The Old Shilla Kingdom 648 A.D], Hanbok untuk kalangan istana didominasi warna merah karena pengaruh pemerintah China. Bahkan sempat pejabat tinggi istana harus memakai jubah yang mirip dengan jubah pejabat tinggi China, tapi dibalik jubah itu mereka tetap memakai Hanbok.

Style Hanbok yang mekrok [tidak press body] menunjukkan bahwa orang Korea jaman dulu melihat kecantikan seorang perempuan hanya dari wajahnya. Itulah mengapa perempuan Korea suka sekali berdandan. Jadi sekalipun wajah mereka mirip dengan perempuan negara tetangga [Jepang dan China], mereka mudah dikenali hanya dari cara dandannya.

PS: salah satu ciri khas Hanbok adalah SEMUA ikatan tali ada di bagian depan badan.

No comments:

Post a Comment